Watchsonomacounty.com

Tonton Berita Update Terkini

Apapun usaha yang Anda jalankan, pasti ada biaya yang dipenuhi, termasuk usaha laundry dengan modal usaha binatu. Besar maupun kecil, biaya awal pasti dibutuhkan dalam berbagai wujud – uang, peralatan, hingga keahlian.

franchise laundry syariah

Oleh karena itu, Anda yang ingin menjalankan bisnis binatu jelas wajib mempersiapkan dan mengkalkulasi apa saja biaya usaha londry yang dibutuhkan. Pilihan lainnya, Anda bisa manfaatkan bisnis lewat franchise binatu, di mana ada beberapa biaya awal yang bisa Kamu dapatkan dari pihak pemilik waralaba untuk memudahkan Kamu dalam memulai usaha.

Tapi, sebenarnya apa saja ya yang Anda butuhkan saat akan memulai bisnis laundry? Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah daftar yang dibutuhkan dalam memulai bisnis laundry sebagai panduan awal Anda, yaitu:

laundry kiloan

A. Tempat usaha dan alat cuci.

  1. Biaya sewa kios yang umumnya dibayar tahunan.
  2. Set mesin cuci dan pengering. Anda bisa mendapatkan set ini dengan membeli franchise atau waralaba laundry, bergantung pada paket franchise yang Anda pilih. Dan untuk jenis mesin cuci, sebaiknya pilih mesin cuci front load atau bukaan depan.

B. Perlengkapan operasional laundry.

  1. Meja setrika dan seterika.
  2. Keranjang baju, hanger, dan jepitan baju.
  3. Rak untuk pengering dan penyimpanan.
  4. Sikat baju, sprayer, selang, dan papan cuci.
  5. Ember plastik besar.
  6. Timbangan digital.
  7. Detergen, pewangi atau parfum baju, pemutih pakaian, dan refill.
  8. Tak besi siku set lengkap.
  9. Nota dan bolpen.

franchise laundry terbaik3

C. Promosi usaha binatu.

  1. Brosur atau pamflet.
  2. Kuota internet untuk promosi online melalui media sosial dan untuk layanan pelanggan melalui WhatsApp.
  3. Spanduk untuk dipasang di kios laundry.
  4. X-banner.

D. Biaya operasional bulan pertama di luar sewa.

  1. Listrik
  2. Air
  3. Gaji karyawan 2 (dua) orang.

E. Biaya lain-lainnya untuk kebutuhan tak terduga.

bisnis laundry koin

Untuk nominalnya sendiri, Kamu bisa lakukan riset di pasar untuk mendapatkan estimasi angka pastinya. Hanya saja, bisa dipastikan bahwa besar biaya yang dibutuhkan sangat bergantung pada seberapa besar tingkat usaha binatu Anda nantinya. Dengan demikian, jika Anda ingin membuka jasa laundry profesional berskala besar dengan kapasitas cuci yang juga besar, tentu besaran modal usaha londry yang dibutuhkan juga lebih tinggi dibandingkan dengan jika Anda hanya ingin membuka usaha laundry rumahan, yang bahkan tidak membutuhkan biaya sewa kios karena Anda kerjakan langsung sendiri di rumah.

Karena itu, sebelum Anda mulai mempergunakan dana untuk usaha dan membelanjakannya untuk berbagai kebutuhan bisnis laundry Anda nantinya, buatlah perencanaan bisnis yang matang dan cermat terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda pun bisa mempersiapkan modal yang benar-benar sesuai dengan rencana bisnis Anda untuk memulai usaha dengan lancar.